I.
PENDAHULUAN
Augmented
Reality (AR) telah menjadi salah satu teknologi yang sangat menarik dalam
pengembangan perangkat lunak saat ini. AR memungkinkan pengguna untuk mengalami
interaksi antara dunia nyata dan objek virtual. Pada tugas ini, kita akan
membahas pembuatan aplikasi AR menggunakan Unity dan SDK Vuforia untuk
menciptakan pengalaman 3D markerless dengan objek Bumi.
II.
Tujuan
Tugas
ini bertujuan untuk memberikan panduan langkah demi langkah dalam pembuatan
aplikasi AR 3D markerless menggunakan Unity dan SDK Vuforia. Proyek ini akan
fokus pada penggunaan objek Bumi sebagai target tanpa memerlukan marker fisik.
III.
Materi dan Metode
1. Persiapan
Lingkungan Kerja Install Unity dan buat proyek baru Yang akan kita beri tanda
panah.
2. Unduh
dan integrasikan Vuforia SDK ke dalam proyek Unity.(pindahkan sdk Vuforia kedalam
asset)
3. Buat
AR Camera ground plane stage dan plane fander
4. Pada
AR kamera masukan license key nya
5. Cara
mendapatkan license key nya adalah buka akun Vuforia di chrome dan pilih
develop->license manager-> getbasic kemudian copy dan pindahlan seperti
gamabr diatas license key nya
6. Persiapkan
objek 3d yang sudah kita buat di blender/aplikasi lain
7. Import/pindahkan
kedalam foler asset unity
8. Masukan
objek 3d ke dalam ground plane stage
9. Tambahkan texture objek 3d kita
10. Setting
AR Camera dan paskan dengan objek 3d
11. Posisikan
objek 3d dengan diatas ground plane stage
12. Pindahkan
sample scan ke built setting seperti gambar dibawah
13. Switch
platform dari sebelumnya windows ke android
14. Pindahkan
buka player setting dan hapus vulkan pada graphic APIs
15. ubah
settingan mimimun APIs ke andoird nougat sesuaikan dengan hp teman teman
16. build
dan buat nama aplikasi yang sudah kita buat tadi
17. aplikasi
sudah tersimpan dengan file format android
18. install
aplikasi di hp teman teman dan buka
19. Objek
3d berhasil dijalankan
IV. Hasil dan Diskusi
Hasil
dari tutorial ini adalah aplikasi AR yang dapat menampilkan objek Bumi secara
markerless. Diskusi melibatkan evaluasi kinerja, kemungkinan pengembangan lebih
lanjut, dan potensi penggunaan teknologi AR dalam konteks lain.
V.
Kesimpulan
Tutorial
ini memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana membuat aplikasi AR 3D
markerless dengan menggunakan Unity dan SDK Vuforia. Selain itu, proyek ini
membuka peluang untuk eksplorasi lebih lanjut dalam pengembangan aplikasi AR
yang lebih kompleks dan menarik.
VI.
Referensi
Vuforia
Documentation: https://library.vuforia.com/articles/Solution/unity.html
Unity
Documentation: https://docs.unity3d.com/Manual/index.html
Tidak ada komentar: